BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS »

Senin, 13 Juni 2011

iPhone Ikut Perjalanan Luar Angkasa


iPhone menjadi ponsel pintar pertama yang mengikuti perjalanan ke luar angkasa. Pada musim panas 2011, pesawat ulang alik Atlantis akan membawa dua handset besutan Apple itu ke Stasiun Antariksa Internasional untuk diuji aplikasinya.

Aplikasi yang diuji ialah Spacelab yang dikembangkan perusahaan pembuat perangkat lunak asal Houston, Odyssey Space Research. Ketika iPhone 4 keluar, programmer di perusahaan itu menyadari perangkat tersebut bisa digunakan dalam percobaan ruang angkasa untuk menguji posisi kendaraan dan orientasi dengan giroskop, kamera dan sensornya.

''Dalam uji coba itu, astronot menggunakan iPhone untuk melakukan empat percobaan,'' terang Chief Electronic Officer Odyssey Brian Rishikof, Jumat (10/6).

Tes pertama dilakukan pada tungkai tracker untuk memperkirakan ketinggian menggunakan gambar tepi melengkung bumi. Lalu uji kalibrasi sensor dengan kamera iPhone dan sensor lain untuk menyesuaikan giroskop dan akselerometer.

Tes selanjutnya ialah pengenalan spasial guna mencocokkan gambar bumi dengan database gambar batas-batas nasional negara. Uji coba terakhir digunakan pada efek radiasi komputer dengan memeriksa perubahan bit tunggal dalam memori ponsel.

Aplikasi itu kabarnya akan dijual kepada publik dengan harga US$1. Namun kebanyakan pengguna iPhone tidak memiliki akses perjalanan ruang angkasa, beberapa fitur aplikasi tersebut akan disimulasikan. Rencananya iPhone dan pesawat ulang alik Atlantis akan diluncurkan di STS-135 pada 8 Juli mendatang.(MI/DNI)

sumber : metrotvnews.com

0 komentar: