BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS »

Jumat, 04 Maret 2011

Astronot Discovery Jalankan Misi Pertama



NASA TV
Pesawat ulang alik Discovery saat mendekati Stasiun Antariksa Internasional.

Dua astronot pesawat luar angkasa Discovery direncanakan akan melakukna spacewalker atau berjalan di luar angkasa, Senin (28/2/11) malam ini WIB. Dua astronot yang akan melakukannya adalah Steve Bowen dan Al Drew.

Kedua astronot itu akan menyelesaikan beberapa tugas. Di antaranya, mereka memindahkan pompa amonia ke lokasi yang lebih baik, memasang kabel ekstensi, serta memasang tiang penopang kamera video di Stasiun Antariksa Internasional atau International Space Station (ISS).

"Bowen memiliki pengalaman 'berjalan' di luar angkasa. Ia astronot pesawat ulang alik yang berpengalaman, cepat tanggap selama pelatihan, serta mencapai kecepatan pada jalur yang kami inginkan," kata Direktur Penerbangan NASA David Korth.

Bowen menggantikan astronot lainnya, Tim Kopra, yang pertengahan Januari lalu mengalami cedera akibat bersepeda. Bowen pernah terbang bersama pesawat Atlantis Mei lalu dan satu-satunya astronot yang terbang dalam misi berturut-turut.

Rencana berjalan di luar angkasa ini akan menjadi atraksi ke-154 sejak akhir tahun 1998, saat 2 blok bangunan ISS dihubungkan. Discovery sendiri akan menghabiskan sepanjang minggu ini di ISS.

Discovery yang diluncurkan Kamis (24/2/2011) telah bergabung dengan ISS, Sabtu lalu. Rencananya, Discovery akan mendarat lagi di Kennedy Space Center 7 Maret 2011. Misi ini adalah misi terakhir pesawat Discovery. Setelah misi ini, Discovery akan pensiun dan dimuseumkan.

"Berjalan" di luar angkasa dimaknai sebagai aktivitas astronot di luar pesawat ulang alik, disebut Extravehicular Activity. Orang pertama yang 'berjalan' di luar angkasa adalah Alexei Leonov, astronot asal Rusia yang melakukan pada 18 Maret 1965. Saat ini, proses tersebut dibantu dengan tiang penopang robotik sebagai tumpuan astronot agar lebih aman dan terjaga. Ke depan kegiatan spacewalker mungkin saja digantikan robot.

0 komentar: